Nostalgia Masa-masa Imut dan Lucu

By Ponco Adi Nugroho - March 25, 2021

Nyanpasu!




Minggu ini komunitas blogger yang aku ikuti yaitu Blogger Energy, mengadakan ajakan untuk #BErceritalagi dengan tema "Kenangan Menarik Masa SD".

Setelah tak pikir-pikir... kok ternyata temanya susah ya. Soalnya seingetku, kehidupanku pas masa-masa SD lebih sering dipenuhi dengan kesuraman, kesialan, dan kemaluan kejadian memalukan. Tapi setelah aku korek-korek memori masa laluku, ada peristiwa-peristiwa yang menurutku berkesan dan menarik kalo diinget-inget. Kali ini aku mau nyeritain dua kenangan menariku waktu SD.

Langsung aja ya ke cerita-cerita kenangan menarik yang aku alami waktu SD.


Jatuh Cinta Diam-diam pada Cinta Pertama

Sebagai anak SD yang tumbuh bersama dengan lagu-lagu cinta dan sinetron Heart Series, aku jadi tau bagaimana bentuk konkret dari kata cinta. Tapi ya namanya anak SD, pemahamanku tentang "cinta" ya pasti masih sangat cetek banget. Dulu yang aku tau ya, kalo aku ngerasa deg-degan pas nggak sengaja tatap-tatapan, malu kalo deket-deketan atau pas ngobrol, dan pas dicie-ciein sok-sokan ngambek tapi seneng, itu artinya kita sedang jatuh cinta.

Nah, pas kelas 6 SD aku ngerasain hal-hal tadi. Aku sih ngerasa itu adalah pertama kali aku mengalami jatuh cinta. Cie... cie... Entah mungkin aku pernah ngalamin hal itu juga sebelumnya atau tidak, aku nggak terlalu inget.

Aku juga nggak terlalu inget awalnya gimana, yang aku inget dulu ada beberapa orang yang ngecie-ciein aku samasebut saja namanyaMeimei. Selain gara-gara dicie-ciein, kalo nggak salah aku sama Meimei pernah saling ejek, tapi aku lupa detailnya. Pokoknya kami sebenernya kurang akur lah. Nah, karena seringnya dicie-ciein, tiba-tiba di suatu hari yang cerah, aku kepikiran tentang hal itu.

Kejadiannya seperti ini...

Waktu itu aku lagi sepeda-sepedaan sendiri keliling sekitaran rumahku. Sambil nyanyi-nyanyi sendiri. Aku asik muterin jalan-jalan di desaku. Tiba-tiba waktu aku nyanyi (seingetku sih nyanyi lagunya Vagetoz)... 

Lembutnya sikapmu, meluluhkan hati ini... terbuai aku terlena.. oleh dirimu... oleh dirimu... uuuuuuuuuu~

Tiba-tiba aku berhenti nyanyi. Senyum-senyum. Terus mikir, "Jangan-jangan aku emang suka sama Meimei?". Aku tetep ngelanjutin sepeda-sepedaan sambil nyanyi lagu Vagetoz. Bedanya setelah itu aku nyanyi sambil senyum-senyum sendiri dan deg-degan setiap mikirin wajahnya Meimei. Uwuw banget rasanya~

Setelah kejadian itu, di kelas aku nggak berani natap wajahnya Meimei. Soalnya setiap nggak sengaja aku natap wajahnya atau nggak sengaja mata kita bertemu, aku langsung deg-degan.

Pernah, temenku secara blak-blakan nanyain ke aku, "Kamu suka Meimei ya?" Mulutku seketika langsung megap-megap. Dengan sok cool aku bilang, "Enggak lah, aku nggak bakal suka sama Meimei."

Hari-hari selanjutnya aku masih nggak berani natap mukanya. Temen-temen kadang masih ngecie-ciein. Aku masih sering deg-degan kalo liat mukanya. Kedekatan kami pun nggak pernah berubah. Aku nggak pernah deket sama Meimei. Bahkan bisa dibilang kami jarang banget ngobrol.

Mendekati kelulusan, aku sedih banget. Soalnya setelah itu bakal pisah. Apalagi setelah aku tau kalo aku sama Meimei bakal daftar di SMP yang beda. Akhirnya pas Ujian Praktek, aku memberanikan diri buat ngejailin Meimei. Kalo nggak salah waktu itu lagi nyangkok taneman. Aku lupa caraku ngejailin Meimei kayak gimana, yang aku inget pokoknya aku sampe dikejar-kejar Meimei. Aku dikejar-kejar sampe bener-bener kelelahan. Tapi ada rasa bahagia yang muncul dari hati. Uwuw~

Sampai akhirnya aku nggak pernah ketemu lagi sama Meimei, aku nggak pernah bilang ke dia kalo aku suka, dan aku nggak pernah tau apakah Meimei juga suka aku. Aku jatuh cinta diam-diam.


Jadi Pemeran Malin Kundang Waktu Pentas Seni di Acara Kemah Se-Kecamatan

Pengalaman ini menurutku sangat menarik. Karena gara-gara pengalaman ini, aku memutuskan untuk bergelut di bidang teater pas awal masuk kuliah sampe sekarang.

Ceritanya gini...

Pengalaman ini terjadi pas aku kelas 6 SD. Waktu itu semua murid kelas 6 mengikuti acara kemah se-Kecamatan. Aku lupa namanya apa. Acara kemah ini salah satu acara yang aku nanti-nantikan, dan selalu menjadi alasanku cepet-cepet pengen jadi anak kelas 6. Nggak tau kenapa, dulu kalo ngebayangin itu kayak seru banget. Apalagi aku sering ikut Pesta Siaga, jadi seneng sama hal-hal yang berhubungan sama Pramuka.

Setelah diputuskan kalo regu laki-laki bakal mainin sebuah drama yang mengangkat cerita Malin Kundang, guru yang bakal mipmpin latihan langsung ngebagi anak-anak yang akan menjadi pemainnya. Aku berdo'a biar dapet peran sebagai Malin. Soalnya aku pengen banget jadi pemeran utama.

Guru yang mimpin latihan akhirnya ngumumin siapa aja yang bakal main. Oh iya, salah satu guru yang mimpin latihan adalah ibukku sendiri. Semua nama disebut. Aku seneng banget namaku masuk ke dalam daftar pemain. Kami diarahkan ke sebuah ruang kelas buat bagi peran dan hafalan naskahnya.

Waktu pembagian peran akhirnya tiba. Kalian tau aku dapet peran apa?

ISTRI MALIN KUNDANG!

Aku nggak salah ketik dan kalian nggak salah baca kok :') Mungkin waktu itu aku dipilih jadi istri Malin Kundang karena mukaku kayak cowok tomboy :')

Karena nggak punya foto pas SD, aku kasih aja foto pas kelas 2 SMP wkwkwkwk


Intermeso, pertumbuhan badanku dari SD-SMA kelas 1 nggak terlalu signifikan. Baru tuh pas kelas 2 SMA, udah mulai banyak yang berubah. Dari tinggi badan sampe ke bentuk wajah udah beda.

Rasanya pengen nangis. Pengen banget marah sama Malin Kundang, kenapa sih dia harus punya istri? Kan akhirnya ada peran istri di ceritanya. Pokoknya rasanya antara pengen nangis, malu, dan marah. Kalo diinget-inget, rasanya aku pengen ke masa lalu, nemuin Malin Kundang, aku batalkan kutukannya, terus aku kutuk lagi.

Karena regu laki-laki dan perempuan dipisah, akhirnya aku harus nerima dan mencoba ikhlas buat jadi istri Malin Kundang.

Setelah beberapa kali latihan, kesempatan yang aku tunggu pun datang. Muehehehehe... Salah satu guru merasa kurang sreg sama penampilan malin pas bacain dialognya. Katanya, dialognya kurang kelihatan durhaka. Aku nggak mau nyia-nyiain kesempatan ini. Akhirnya aku dengan spontan nyoba dialognya. Terus nanya, "Harusnya kayak gini ya, Pak?"

Gara-gara kejadian itu, akhirnya peran-peran yang sudah ditetapkan pun dirombak. Aku seneng banget. Aku jadi Malin Kundang, pemeran Malin Kundang sebelumnya jadi prajuritku, dan yang jadi istri Malin Kundang adalah temen deketku.

Setelah denger aku ditunjuk jadi Malin Kundang. Aku sok-sokan pengen nolak dan ngerasa nggak enak sama temenku yang jadi Malin Kundang. Padahal sih di dalem ati udah seneng banget.

Tapi ada satu hal yang terngiang-ngiang sampe sekarang. Bukannya seneng anaknya jadi pemeran utama, tapi saat itu ibukku malah bilang...

PANTES BISA DIALOG KAYAK GITU, SOALNYA DI RUMAH EMANG SERING DURHAKA.

Tiba-tiba aku ngerasa takut. Apa aku bakal dikutuk jadi batu? Kalo pun waktu itu jadi dikutuk sama ibukku, aku pengen jadi kutukan yang bermanfaat bagi keluarga. Dikutuk jadi emas misalnya.

Singkat cerita, malam pentas seni pun tiba. Aku masih inget, waktu mau masuk panggung aku deg-degan banget, tapi pas udah di atas panggung rasanya kayak nggak ada takut-takutnya. Aku bisa fokus sama dialog-dialognya. 

Hal yang paling aku inget pas pentas ini adalah sensasi waktu adegan Malin Kundang dikutuk. Selama latihan, aku jarang banget bisa sampai acting gemeteran waktu adegan ini. Tapi pas di pentasnya, mungkin dibantu dengan rasa gerogiku, akhirnya aku bener-bener bisa merasa gemetar waktu adegan ini. 

Setelah pentas selesai rasanya seneng banget.


Lagi-lagi karena nggak ada foto pas aku pentas, aku mau pajang foto pas udah kuliah aja wkwkwkwkwk. maap nggak ada hubungannya, ehehe~


***

Sebenernya pas tulisan ini masih jadi draft, ada 4 pengalaman yang pengen aku ceritain. Tapi karena dua pengalaman aja ternyata udah panjang, jadi aku urungkan niatku buat nulisin pengalaman lainnya.

Makasih ya yang udah nyasar ke sini dan baca tulisan ini. Kalo kalian gimana? Pengalaman menarik apa yang pernah kalian alami di SD?

Udah dulu ya. Bye~

  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. Hallo, Mas...
    Ikut gemes baca cinta pertamanya, uwwu sekali. hihihi...

    Dan ngakak pas bagian Ibunya bilang, "PANTES BISA DIALOG KAYAK GITU, SOALNYA DI RUMAH EMANG SERING DURHAKA."

    ReplyDelete
  2. Gilak ye Ponco! SD aja udah ada first love. Ga nyangka. Wkwkwkwk!
    Tapi kalau suka sama meimei, hati-hati nanti kamu dimarahin sama Mail..

    Perubahan wajahnya bisa dibilang kek lagu. "Ponco yang dulu bukanlah yang sekarang"..

    Bangga banget ya bisa jadi Malin Kundang, semoga bangganya ngga kebawa ke kehidupan nyata. Kan sayang aja gitu, ponco dikutuk jadi batu. Ngga berfaedah.. Coba dikutuk jadi logam mulia, emas batangan gitu :3

    ReplyDelete
  3. Cinta yang entah mengapa kayaknya pernah dialamin oleh anak-anak SD. Perasaan suka yang mau diungkapin gengsi, dan diungkapin kok suka. Ahahahaha. Aku juga pernah nagalamin hal-hal kek gitu.

    Kalau pentas, aku gak pernah mau karena emang pemalu banget. Di SMA pas disuruh bikin video drama, demi menghindari ikut main, aku lebih milih nulis ceritanya dan jadi sutradara daripada harus ikut main. ahahaha

    ReplyDelete
  4. anjriiit aku ngakak banget sih co baca post an ini hahhahahahah...

    eh bentar tunggu....blogger energy aktif lagi...hwaaa....aku kan dari dulu selalu salut dengan antusiasme member blogger energi co..hihi..

    btw...ampun deh lagu vagetoz ini dulu aku hapal banget dong wkwkwkw...tapi itu ya betul tuh co tandanya kamu suka tuh sama si meimei wkkwkwkwk..cuma sayang ya pas smp pisah sekolah..jadi cuma bisa jadi kenangan cimon deh...cinta monyet wkkwkw


    e astaga ga salah baca ternyata ...tadinya daoat peran istri malin

    (((istri malin)))

    tapi pas kecil memang imut imut sih ya co jadilah oak guru memberimu leran istri malin...walau beruntung terakhiran jadi malin juga, trus yang gantiin temen deketmu itu cewe apa cowo co
    hahhahahah
    tapi pas ibu kamu bilang begitu otomatis aku ngakak ya Alloh...huh

    :XD

    ReplyDelete
  5. Kayaknya hampir semua cowok SD jelata selalu pernah jatuh cinta diam-diam sama temen sekelas ya hahaha

    Kira2 Meimei sekarang gimana kabarnya Co? Bisa kali ya mulai berjibaku nyari sossmednya 😁

    Yang jadi istri Malin Kundang juga kampret banget hahaha , untung si malin Kundang aslinya kurang bisa manfaatin kesempatan. Akhirnya perannya direnggut sama cowok yang udah ngincer dari dulu 😁

    Mantap sih, sekarang udah jadi anak teater beneran. Gayanya juga khas anak teater banget Co 😁👍

    ReplyDelete
  6. Bang, serius itu foto abang waktu kuliah?


    Soal kisah kasih di masa SD, aku pernah main kejar-kejaran sama cewe, cantik. Aku awalnya gk ada rasa apa-apa, cuman karna saling jail satu sama lain, trus sering main kejar-kejaran. Eh, pas smsan, ternyata dia suka sama aku dan nembak aku duluan. Dan ternyata, akupun suka juga sama dia, dan akhirnya pun pacaran, malahan sampai posesif dong wkwk. Dan pas aku pernah olimpiade bahasa inggris di Yogya, aku diam-diam beliin hadiah ke dia, karena namanya jg diam diam, jdi aku ke tempat oleh-oleh tanpa sepengetahuan ibu. Gila juga sih ngingetnya, anak sd dong beli oleh-oleh demi pacarnya saat itu tanpa sepengetahuan ibunya pas di bandara. wkwk

    ReplyDelete
  7. Kalau anak kecil lain ditakut-takutin sama tokoh malin kundang, lah ini malah obsesi banget jadi malin kundang wkwk

    Itu gimana ceritanya dialognya kurang durhaka haha, tapi akhirnya lu yg jadi pemeran utamanya ya.

    ReplyDelete