Pengalaman Main Ys I: Ancient Ys Vanished

By Ponco Adi Nugroho - March 16, 2021

Nyanpasu!

Di tulisan ini aku nggak menilai game ini secara objektif (soalnya aku nggak mampu, hehe). Jadi semua pendapat yang ada di tulisan ini sangat subjektif. Acuan penilaiannya adalah selera pribadiku terhadap sebuah game. Kalau ada gamers veteran yang udah pernah mainin game ini dan kebetulan baca, minta pencerahannya dong. Hehe.
 

 
Dari info-info yang aku cari di internet (dengan berbekal gugle translet) mulai dari wikipedia sampai forum-forum khusus yang membahas game Ys, aku menemukan beberapa informasi. Ys (sepertinya cara bacanya “Is”) adalah game yang dibuat oleh Nihon Falcom Corporation. Seri Ys ternyata ada banyak beberapa adalah Ys I: Ancient Ys Vanished, Ys II: Ancient Ys Vanished – The Final Chapter, Ys III: Wanderers from Ys, Ys IV: Mask of the Sun, Ys IV: The Dawn of Ys, dll. Dari info yang aku dapet, hanya ada satu seri yang karakter utamanya bukan Adol Christin, yaitu Ys Origin.
 
Seri Ys yang mau aku bahas kali ini adalah Ys I: Ancient Ys Vanished. Awal aku kenal game ini dan pengen nyoba gara-gara aku masih seneng-senengnya main game RPG. Aku rada lupa sih nemu info game ini dari mana, kalo nggak salah aku nemunya lewat kata kunci “game rpg pc ringan”. Nah, setelah aku baca-baca, ada beberapa hal yang bikin aku akhirnya mainin Ys I: Ancient Ys Vanished.
 
 



Pertama: Karena genrenya RPG. Alasan utamaku sih gara-gara genrenya. Walaupun kadang aku nggak mudeng gara-gara terkendala bahasanya, tapi game RPG menurutku bener-bener seru. Serunya gimana? Kalo dibahas di sini kayaknya bakal panjang, hehe. Ntar deh ya, kapan-kapan aku bikin tulisan alasan aku suka game RPG.

Kedua: Salah satu game RPG tertua. Pas baca kalimat itu dan ditambah katanya umur Ys sama tuanya dengan Final Fantasy (aku lebih awal kenal FF dibanding game RPG lain), aku langsung tertarik buat nyobain game RPG yang berkembang waktu awal-awal rilis Final Fantasy. 

Ketiga: Ys I: Ancient Ys Vanished adalah seri pertama. Karena menurut info yang aku baca cerita di game ini saling berhubungan, jadi aku nyari rilisan pertamanya. Walaupun pasti fitur-fiturnya nggak secanggih game-game yang sekarang, tapi gapapa, yang penting laptopku kuat maininnya. Hehe.

Terakhir: Soalnya laptopku kuat buat mainin game ini. Ehehehehe. Kalo buat game-game canggih jaman sekarang bisa-bisa meledak ☹

***

Masuk ke cerita tentang pengalamanku mainin game ini ya. 

Pertama aku mau bahas musiknya. Ada satu musik yang pas awal main langsung bikin aku ngerasa tenang sekaligus sedih. Rasanya bener-bener kayak terlempar ke desa yang asing di masa yang sangat lampau. Pokoknya enak banget buat didengerin walaupun durasinya pendek. 
 

 

Dari banyaknya musik yang ada—dan menurutku bagus-bagus semua sih, sampai saat ini Feena (Harmonica) yang paling berkesan dan terngiang-ngiang terus.

Lanjut ke pengalamanku ngerasain kontrol game ini. Salah satu yang unik dari game ini (walaupun bukan hal baru buat aku) adalah sistem pertarungannya. Nggak ada tombol khusus buat nyerang. Buat nyerang musuh, kita perlu ngarahin karakter kita ke deket musuh dan menabrakannya. Dengan begitu otomatis karakter kita bakal mengayunkan pedangnya. Tapi nggak asal tabrak-tabrak aja. Harus pinter-pinter buat nyari posisi biar pas nyerang kita nggak sekaligus dapet serangan dari musuh. Fitur ini juga yang menurutku bikin level game ini dalam segi pertarungannya jadi sulit tapi menantang.



Untuk kontrol-kontrol lainnya, karakter yang dimainkan cuma bisa jalan, lari, dan nyerang. Oh iya, buat ngobrol sama NPC, ngambil harta karun, atau interaksi-interaksi lainnya, caranya sama kayak pas mau berantem. Tinggal tabrakin karakter kita benda/orangnya.

Lanjut ke segi cerita dalam game ini. Pas aku nulis ini, aku belum selesai mainnya. Baru ngelawan 3 boss. Secara garis besar, tujuan utama Adol di game ini adalah menemukan enam buku Ys. Sampai terakhir aku mainin game ini, aku ngerasa konfliknya bener-bener berhasil mengaduk-aduk emosi. Apalagi pas udah masuk ke petualangan pas nyari buku-buku Ys, banyak sekali kejutan-kejutan yang makin bikin penasaran sama ceritanya.
 
***

Beberapa sambatan yang aku alami selama main game ini.

1. BOSSNYA SUSAH BANGET CUUUUUUUUUKKKKKK!

2. INI CARA NGALAHIN BOSSNYA GIMANA SIIIIIIHHHH? *Udah mati lebih dari 10 kali.

3. Nggak ada mini map :’( Ada mini map aja sering nyasar apa lagi nggak ada, huhu.

4. *Di dalam Gua* Kok balik ke tempat ini lagi ya? *muter-muter lagi* LAAHHHHH, KOK TEMPAT INI LAGI?

5. Serius nih maksimal levelnya cuma 10? Kroco-kroconya sih gampang, pas lawan Bossnya kita yang jadi kroco :’)

Kayaknya segini dulu sharing pengalamanku setelah main Ys I: Ancient Ys Vanished. Ntar nambah lagi kalo ada yang pengen aku tulis.

Bye~

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. wah ponco ngeblog lagi....apa aku yang ketinggalan main ke sini setelah sekian abad lamanya ya...

    yaida aku mau sowan lagi lah ke sini wkwkkw

    dan bahasan kali ini adalah game YS yang dibaca is...okay sebagai bukan gamers alhamdulilah ya co aku jadi nambah ilmu tentang game abis baca ini...dan lumayan seru pas tau cara mainnya agak tricky karena ga ada butgon atau tombol yang kentara kan buat si tokoh yang kita mainkan pas ketemu musuh...jadi kudi ndeket abis itu tabrakin langsung ke lawan...kalau ga kuat atau pinter strategi ya bener kita yang kelibas duluab yak...apalagi ngadepin bossnya yang berapa kali lipet lebih kuat dari kroco...hehe

    tapi keren ih..aku beneran jadi ada gambaran tentang gamenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooooo mbak Nita. Makasih udah mampir. Blog baru kok, Mbak. Niatnya mau aktif nulis lagi wkwkwkwk, semoga bisa konsisten. Udah lama nggak BW dan nggak mampir ke blog mbak Nita huhuhu.

      Iya nih, Mbak, kayaknya dulu aku jarang bahas game. Seingetku pernah bahas sekali sih. Karena beberapa waktu ini aku sering main game, pengen sharing pengalamanku main beberapa judul game.

      bener mbak, kalo nggak ahli strategi dan nggak sabaran, pasti sering kalah wkwkwk

      Delete